KUNJUNGAN LAPANG PELATIHAN BUMDES

  • 11 October 2018
  • Dibaca: Pengunjung
http://tamanasri-lampungtimur.desa.id/upload/2018/10/IMG-20181010-WA0021.jpg

   Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintahan desa dan berbadan hukum. Pemerintahan desa dapatendirikan BUMDes sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa (https://id.m.wikipedia.org>wiki>badanusahamilikdesa).

   

   Salahsatu tujuan BUMDes adalah untuk meningkatkan kesejahteraan asli desa. Berangkat dari tujuan ini, sebenarnya tidak ada patokan bagaimana cara agar desa bisa lebih sejahtera. semua harus kembali pada apa yang dimiliki desa dan bagaimana mengembangkan potensi tersebut (www.berdesa.com>bumdesa).

 

   Desa Taman Asri merupakan salah satu desa yang sudah mendirikan BUMDes. Walaupun saat ini masih dalam tahap awal menjalankannya, para pengurus yang di bantu oleh perangkat desa, pemuda dan warga selalu berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan BUMDes, agar dapat menciptakan kesejahteraan warga dengan memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki desa dan di persenjataan modal dana desa.

 

   Rabu 10/10 2018. BUMDes Desa Taman Asri Kecamatan Purbolinggo, mendapat kunjungan Lapang peserta pelatihan manajemen BUMDes bagi pengelola BUMDes angkatan VII tahun 2018, bertempat di Taman Wisata Asri Gatra Wisata. BUMDes ini bukan berarti merupakan yang terbaik, namun sebagai inspirasi awal bagi para peserta dan agar lebih bersemangat untuk berkreasi memajukan BUMDes kedepannya.

 

   Pengelolaan BUMDes harus dikelola secara profesional dan mandiri sehingga diperlukan orang orang yang memiliki kompetensi untuk mengelolanya. Salah satu yang penting dalam pengelolaan BUMDes yakni dibutuhkan suatu pengelolaan dan pelaporan yang transparan bagi pemerintah dan masyarakat. Artinya dasar pengelolaan harus serba transparan dan terbuka sehingga ada mekanisme check and balance baik oleh pemerintahan desa maupun masyarakat (www.keuangandesa.com>2015/09>pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa)

 

   Semoga BUMDes bisa semakin maju dan berkembang sehingga dapat mencapai tujuannya bagi kemajuan dan kemakmuran masyarakat desa.