FESTIVAL LESUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Ditulis : Sun, 2018-12-30 - 13:55:53

FESTIVAL LESUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

   29-12-2018. Desa Taman Asri Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur melaksanakan Festival Lesung Kabupaten Lampung Timur yang diselenggarakan di halaman Balai Pertemuan Desa Taman Asri. Yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Camat Purbolinggo, Kepala Desa Taman Asri beserta perangkatnya, para sesepuh dan para warga Desa Taman Asri.

 

   Festival yang berarti pesta rakyat yang dilakukan dalam rangka mengenang kejadian kejadian yang memiliki nilai sejarah (www.indonesiastudents.com).

Seni budaya kotekan lesung sudah ada sejak zaman nenek moyang kita yang berabad-abad terjadi di berbagai daerah di Nusantara ini. Hanya namanya saja yang berbeda. Musik ini identik dengan masyarakat petani pedesaan yang memang mata pencahariannya adalah petani.

 

   Kotekan lesung awalnya muncul dari kerukunan, karena pada zaman dahulu belum ada mesin penggiling padi, maka jika akan mengubah padi menjadi beras membutuhkan beberapa orang. Lesung tersebut yang digunakan untuk menguliti padi menjadi beras dengan di bantu alat yang namanya alu atau antan.

 

   Kotekan yang dilakukan oleh para ibu-ibu yang sudah berumur dan pada waktu tertentu kotekan lesung dipakai untuk memainkan musik yang iramanya diatur oleh ketua kotekan. Pimpinan itu mengatur anak buahnya agar menghasilkan nada yang berbeda dari berbagai sudut lesung yang dipikul dengan alu tersebut, sehingga menghasilkan irama yang enak di dengarkan (http://tradisinurwantoro.blogspot.com).

 

   Festival Lesung Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Ulang Tahun Desa Taman Asri ke 76 pada tanggal 29 Desember 2018.

Semoga kotekan lesung ini dapat terus dilestarikan dan di gelar Festival Lesung setiap tahunnya.

 

Berita Lainnya


KEGIATAN PELATIHAN DAN PEMICUAN STBM

PKM \"CIBIWAH\" MEMBANGUN GENERASI MUDA PERTANIAN

GERAKAN KERTA PERMATA

SOSIALISASI SIWAB

MUSRENBANGDUS III DESA TAMAN ASRI

PUKUL LESUNG DI MALAM SIJI SURO

TAMAN ASRI